Info Terbaru 2022

Metode Pembelajaran Card Slot (Sortir Kartu)

Metode Pembelajaran Card Slot (Sortir Kartu)
Metode Pembelajaran Card Slot (Sortir Kartu)
Pengertian Metode Pembelajaran Card Sort

Dalam Kaidah Bahasa Arab istilah yang sering digunakan untuk menunjuk kata metode adalah thariqah. Metode yaitu rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis menurut pendekatan yang ditentukan. Adapun yang dimaksud dengan Metode yaitu cara yang teratur dan sitematis untuk mencapai tujuan, cara-cara yang dilaksanakan untuk mengadakan interaksi mencar ilmu mengajar dalam rangka mencapai tujuan pengajaran.

Menurut Melvin L Silberman, seni administrasi card sort merupakan aktivitas kolaboratif yang biasa digunakan untuk mengerjakan konsep, penggolongan sifat, fakta wacana suatu objek, atau mengulangi informasi. Strategi ini juga menekankan terhadap gerakan fisik, yang diutamakan sanggup membantu untuk memberi energi kepada suasana kelas yang mulai jenuh, alasannya aktifitas pembelajaran yang sangat padat.


Metode card sort merupakan aktivitas kolaboratif  yang bias digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta wacana obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya. Gerakan fisik yang mayoritas sanggup membantu mendinamisir kelas yang kelelahan. Card sort juga sebagai strategi, membuat kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menuntaskan kiprah yang diberikan lewat permainan kartu.

Interaksi dalam seni administrasi card sort, membuat suasana mencar ilmu yang mendorong siswa untuk saling membutuhkan, inilah yang dimaksud positive interdependence atau saling ketergantungan positif. Saling ketergantungan faktual ini sanggup dicapai melalui ketergantungan tujuan, ketergantungan tugas, ketergantungan sumber belajar, ketergantungan peranan dan ketergantungan hadiah.

Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa sesudah presentasi selesai. Card Sort (sortir kartu) seni administrasi ini merupakan aktivitas kolaboratif yang sanggup digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta wacana suatu objek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya atau mengulangi informasi. Gerakan fisik yang mayoritas dalam seni administrasi ini sanggup membantu mendinamisir kelas yang kelelahan.

Ciri-ciri Metode Card Sort

Salah satu ciri dalam metode card sort yaitu pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa sesudah presentasi selesai. Sehingga materi yang dipelajari benar-benar di mengerti oleh siswa. Cirri khas dari pembelajaran aktif model card sort ini yaitu siswa mencari materi sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompok yang diperolehnya dan siswa mengelompok sesuai kartu indeks yang diperolehnya. Dengan demikian siswa menjadi aktif dan termotifasi dalam proses mencar ilmu mengajar.

Langkah-langkah Metode Belajar Card Sort

Model ini bab dari pembelajaran kooperatif dimana siswa bergerak secara aktif dan dinamis mencari pasangan kartu.

Langkah-Langkah :
  • Guru membuka pelajaran dengan menginformasikan tujuan/kompetensi pembelajatan
  • Guru menyiapkan kartu sebanyak siswa sesuai kategori
  • Guru meminta siswa mempelajari teks bacaan yang berkaitan KD ensiklopedia.
  • Guru membagikan kartu kepada siswa dan siswa mencari kelompok dengan  kategori yang sama.
  • Siswa yang sudah berkumpul dengan kelompoknya diminta mendiskusikan dan melekat kartu pada kertas.
  • Siswa memajang dan mempresentasikan hasil kelompoknya dan kelompok lain menawarkan komentar
  • Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
  • Siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Tujuan Menggunakan Metode Card Sort

Tujuan dari seni administrasi dan metode mencar ilmu menggunakan card sort ini yaitu untuk mengungkapkan daya ingat terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari siswa.

Kelebihan dan Kelemahan Metode Card Sort

Ø  Kelebihan
o   Guru gampang menguasai kelas.
o   Mudah dilaksanakan.
o   Mudah mengorganisir kelas.
o   Dapat diikuti oleh siswa yang jumlahnya banyak.
o   Guru gampang membuktikan dengan baik.
o Siswa lebih gampang mengerti wacana materi yang diajarkan dari pada dengan memakai metode ceramah.
o   Siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
o   Sosialisasi antara siswa lebih terbangun yakni antara siswa denga siswa lebih akrab.
Ø  Kekurangan
o   Adanya kemungkinan terjadi penyimpangan perhatian murid, terutama apabila terjadi jawaban-jawaban yang menarik perhatiannya, padahal bukan target (tujuan) yang diinginkan dalam arti terjadi penyimpangan dari pokok duduk masalah semula.
o   Siswa perlu perhatian lebih sehingga tidak keseluruhan siswa sanggup diperhatikan dengan baik.
o   Banyak menyita waktu terutama menyiapkan model pembelajaran aktif tipe pemilahan kartu.

Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan di atas, maka sanggup diambil kesimpulan bahwa Metode Card Sort merupakan suatu seni administrasi pembelajaran berupa potongan-potongan kertas yang dibuat ibarat kartu yang berisi gosip atau materi pelajaran. Atau merupakan kalaboratif yang bias digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta wacana obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya. Gerakan fisik yang mayoritas sanggup membantu mendinamisir kelas yang kelelahan

Sumber:
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90