Info Terbaru 2022

Posisi Urgen Guru Sebagai Pendidik

Posisi Urgen Guru Sebagai Pendidik
Posisi Urgen Guru Sebagai Pendidik
Pada Prinsipnya, Posisi guru dalam proses pembelajaran sangatlah urgen. Boleh juga di katakan, guru yakni faktor penentu keberhasilan dari suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau tidaknya pendidikan dalam mencapai tujuannya selalu di hubungkan dengan kiprah para guru itu sendiri. Oleh lantaran itu, perjuangan - perjuangan yang perlu dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan hendaklah di mulai dari dengan meningkatkan kualitas para guru itu sendiri. Guru yang berkualitas di antaranya yakni mengetahui dan mengerti akan tugas dan fungsinya dalam proses acara pembelajaran.


Posisi "urgen" guru sebagai pendidik! Apa sih maksud posisi guru sebagai pendidik?. Untuk lebih jelasnya ikuti uraian berikut ini!

Guru yakni pendidik yang menjadi tokoh panutan dan identifikasi bagi penerima didik dan lingkungan sekitarnya. Oleh lantaran itu guru harus mempunyai standar kualitas tertentu yang meliputi tanggungjawab, kemandirian, wibawa dan kedisiplinan. Guru tidak hanya tahu perihal bahan yang akan di ajarkan. Akan tetapi, ia pun harus mempunyai kepribadiaan yang kuat, yang menjadikannya sebagai panutan bagi siswa.

Mendidik yakni menanamkan nilai - nilai yang terkandung dalam setiap bahan yang di sampaikan kepada anak. Jadi, tugas guru tidak hanya menjejali anak dengan semua ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) dan mengakibatkan siswa tahu segala hal, akan tetapi guru juga harus sanggup berperan sebagai pentransfer nilai - nilai (transfer of values).

Adapun hal - hal yang harus di perhatikan guru sebagai pendidik diantaranya:
  1. guru harus sanggup menempatkan dirinya sebagai tumpuan bagi siswanya.
  2. guru harus mengenal siswanya. guru harus sanggup mengenal sifat, talenta dan minat masing - masing siswanya, lantaran masing - masing siswa mempunyai pribadi yang berbeda.
  3. guru harus mengetahui metode - metode penanaman nilai dan bagaimana memakai metode - metode tersebut sehingga berlangsung dengan efektif dan efesien.
  4. guru harus mempunyai pengetahuan yang luas perihal tujuan pendidikan indonesia pada umumnya, sehingga sanggup menunjukkan arah dalam menunjukkan bimbingan kepada siswa.
  5. guru harus mempunyai pengetahuan yang luas perihal bahan yang akan di ajarkan.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90